Solusi pompa air jet pump

Forum ini untuk berbagi ataupun berdiskusi tanya-jawab mengenai permasalahan seputar alat-alat Listrik seperti AC, Pompa Air, Kulkas, Kompor Listrik, Genset, Alat-alat ukur Listrik, Peralatan Elektronik termasuk seputar gadget maupun ilmu-ilmu dasar yang berhubungan dengan peralatan Listrik tersebut.

Solusi pompa air jet pump

Postoleh Dylan_sr » 22 Agt 2014 21:39

salam kenal semua,saya punya masalah dengan pompa air dan mohon kesediaan nya utk membantu.
jadi ada saya dengan saya ada 2 rumah memakai air tanah hanya dari 1 sumber mata air -1pompa (sanyo jet pump) -1 tempat penampungan. masalahnya jika air sudah penuh di tmpt penampungan (rmh1) slalu bunyi cetak cetek. sudah panggil ahli pompa disarankan pasang radar. ttp kendalanya adalah krn 2 rmh memakai 1 sumber mata air maka akan tetap bunyi jg, dibilang jg karena rumah 1 langsung ambil ke jetpump dan rumah 1 lagi ambil ke tmpt penampungan air. maka pemasangan radar tidak akan bisa menghilangkan problem cetak cetek tsb.
pertanyaan saya adalah apakah benar spt itu, dan bagaimana jika saya mengambil solusi dengan cara mengambil air dari 1 sumber saja dari tmpt penampungan lalu memasang radar? apakah bisa menyelesaikan masalah frekuensi on off tsb?
Dylan_sr
 
Post: 2
Bergabung: 13 Agt 2014 22:15

Re: Solusi pompa air jet pump

Postoleh Raja Akbar » 01 Sep 2014 11:07

Salam kenal bro Dylan,

Solusinya bisa seperti ini :
- Dari jet pump langsung masuk ke penampungan air. Pasang radar di penampungan untuk kontrol ON-OFF Jet pump.
- Keluaran penampungan dibagi ke 2 rumah. Rumah yang ambil langsung dari jetpump dialihkan hanya dari penampungan.

Jadi bila air di penampungan sudah turun maka radar akan membuat Jetpump ON.

Mudah2an membantu..
Raja Akbar
Battery DC 1.5Volt
 
Post: 12
Bergabung: 24 Okt 2013 06:58

Re: Solusi pompa air jet pump

Postoleh Dylan_sr » 22 Sep 2014 20:41

@ Raja Akbar , terima kasih atas balasannya. forum ini sepi sekali ya hehe.
cara yg bro sampaikan saya juga kepikiran ingin melakukan seperti itu. tapi saya agak takut mengingat ini air untuk rumah A (3 Lantai) setiap lantai ada 2 kamar mandi. jadi total ada 6 kamar mandi. rumah kost bro. apakah dengan menggunakan radar ada kemungkinan air tidak bisa keluar mengingat kebutuhan air yg sangat tinggi tersebut? dan apakah bisa diberi referensi tukang pompa air yang handal dan harga bersahabat? thanks pak
Dylan_sr
 
Post: 2
Bergabung: 13 Agt 2014 22:15

Re: Solusi pompa air jet pump

Postoleh agung69 » 22 Sep 2014 22:35

mungkin jarak pelampung 1 dan 2 terlalu dekat.
agung69
 
Post: 1
Bergabung: 22 Jul 2014 05:00

Re: Solusi pompa air jet pump

Postoleh ILR » 23 Sep 2014 16:31

Dylan_sr menulis:@ Raja Akbar , terima kasih atas balasannya. forum ini sepi sekali ya hehe.
cara yg bro sampaikan saya juga kepikiran ingin melakukan seperti itu. tapi saya agak takut mengingat ini air untuk rumah A (3 Lantai) setiap lantai ada 2 kamar mandi. jadi total ada 6 kamar mandi. rumah kost bro. apakah dengan menggunakan radar ada kemungkinan air tidak bisa keluar mengingat kebutuhan air yg sangat tinggi tersebut? dan apakah bisa diberi referensi tukang pompa air yang handal dan harga bersahabat? thanks pak



Forum ini masih baru bro Dylan...baru satu tahun ini aktif. Harap maklum...he he..
ILR
Site Admin
 
Post: 17
Bergabung: 16 Feb 2012 06:36

Re: Solusi pompa air jet pump

Postoleh Raja Akbar » 24 Sep 2014 15:47

@Dylan-sr,
Radar kan kerjanya otomatis kalo air di toren butuh diisi lagi.
Setingan pelampung 1 dan 2 nanti yang harus diatur agar pas, seperti kata bro @agung69. Paling nggak air tinggal setengah isi toren udah kudu diisi lagi.

Utk masalah air tidak keluar, ane pikir kalo ga ada sumbatan di pipanya sih lancar bro karena airnya turun dari toren secara gravitasi. Cuma ada potensi air keluarnya kecil kalo pas dipake barengan di 6 kamar mandi.
Kalo kejadiannya kayak begitu, kudu didorong pake mesin air untuk sementara.
Dari gambar ane dibawah, ente kudu buka keran no.3
Saran ane, ente bisa test dulu..apa alirannya cukup atau nggak.

Btw, ente domisili di daerah mana?
Lampiran
Toren dgn Radar.PNG
Toren dgn Radar.PNG (23.99 KiB) Dilihat 10397 kali
Raja Akbar
Battery DC 1.5Volt
 
Post: 12
Bergabung: 24 Okt 2013 06:58


Kembali ke Forum Alat-Alat Listrik & Elektronik

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu