Menambah Tingkat SENSITIVITAS Dari Anti Kontak

Forum ini untuk berbagi ataupun berdiskusi tanya-jawab mengenai permasalahan seputar aspek keselamatan Listrik karena menyadari bahaya Listrik yang bisa cukup fatal akibatnya. Bahasan seputar kebakaran karena hubung-singkat, dampak banjir, proteksi Listrik maupun alat pemadam api ringan dan lain-lain bisa dibahas disini.

Menambah Tingkat SENSITIVITAS Dari Anti Kontak

Postoleh jelatang » 02 Jun 2014 13:36

Salam kenal utk admin dan pembaca ILR, dari saya pendatang baru, tapi jamin gak bikin gatel lho... he he he...

Gini, saya langsung aja ya..
Di rumah saya pake anti kontak (selanjutnya disebut AK) merek Siemens 30mA 2P. Nah masalahnya kemaren itu saya kesetrum, tapi itu AK tetap ON(gak jepret).
Setelah itu AK saya test, ternyata masih bekerja hanya MENURUT SAYA sensitivitasnya kurang cepat, dgn kata lain saat kita kesetrum, arus listrik HARUS MELEWATI TUBUH DAHULU sekian miliamper baru itu AK memutuskan aliran listrik. Dan itu artinya tubuh kita tetap saja merasakan sakit yg lumayanlahdibagian yg tersengat listrik tersebut.

Nah, saya sudah cek dibeberapa toko (di kota saya) menanyakan AK yg mempunyai sensitivitas lebih tinggi(range dibawah 30mA] dan ternyata tidak ada, hanya yg sensitivity 30mA aja. Di internet sih ada yg 10mA, tapi harganya lumayan mahal, 450ribu, merk Hager.

.
Nah, yg mau saya tanya adlh:
1. apakah AK Siemens itu bisa sedikit di modifikasi agar setidaknya dapat sedikit lebih tinggi tingkat sensitivitasnya?

Terkait hal itu saya punya pemikiran,
karena prinsip kerja AK adlh membandingkan harga arus masuk SAMA DENGAN harga arus keluar, maka jika netral sebelum AK dan positif setelah AK diberikan suatu beban yg arusnya tidak melebihi dari arus tingkat sensitivitas AK yg 30mA, maka itu artinya tidak perlu sampai harus ada tegangan bocor sebesar 30mA baru AK akan bekerja.

2. Apakah teori diatas itu benar, bisa dilaksanakan atau justru berakibat yg sebaliknya, jadi membahayakan?

Note:
ttg jumper beban itu, saya belum dapat ukuran beban yg tepat, jadi bisa dibilang masih tahap PERCOBAAN saja.


--

Maaf kalo terkesan bertele tele,
sebelumnya terima kasih utk perhatian dan utk jawabannya.. ;)
jelatang
Battery DC 1.5Volt
 
Post: 3
Bergabung: 01 Jun 2014 19:16

Re: Menambah Tingkat SENSITIVITAS Dari Anti Kontak

Postoleh Frelectric » 08 Agt 2014 08:32

Salam kenal Bro Jelatang..

Ikutan nimbrung ya..

Sebetulnya namanya bukan anti kontak tapi ELCB (earth leakage circuit breaker), yaitu pemutus arus yang berfungsi jika ada kebocoran listrik ke bumi/earth.
Peristiwa kesetrum dianggap sebagai kebocoran listrik ke bumi, karena itu ELCB akan deteksi dan bekerja jika mencapai setting arusnya.

ELCB yang umum dijual di pasar adalah yang 30mA. Angka 30mA adalah ambang batas bahaya tersengat listrik bagi manusia yang mengakibatkan kematian. Jadi sakitnya tetap terasa.

ELCB tidak bisa dimodifikasi seperti itu bro. Karena bila dijumper dengan suatu beban, maka aliran listriknya akan terus menerus ada dan ini akan dihitung sebagai beban listrik.
Anggaplah aliran listriknya 20mA.
maka 20mA x 220V = 4400mW atau 4.4W.
Dalam 24 jam menjadi : 105.6Wh.
Dalam 30 hari menjadi : 3168Wh atau 3.16kWh.

Saran ane, kalau memang ingin pasang ELCB yang 10mA tapi dananya terbatas, maka pasanglah yang jalur stop kontak tertentu yang dianggap rawan kesetrum.
Sebab kalo dipasang pada jalur utama, ELCB dengan tingkat sensitivitas 10mA akan berakibat seringnya arus listrik trip (sangat sensitif).

Semoga bisa membantu bro..
Frelectric
Battery DC 1.5Volt
 
Post: 23
Bergabung: 31 Mei 2013 13:47


Kembali ke Forum Keselamatan Listrik

Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu

cron